Peranan Manajemen Informasi Kepada Perusahaan

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Informasi adalah salah satu bentuk sumber daya utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manager untuk mengendalikan organisasi tersebut dalam mencapai suatu tujuan.
Kebutuhan informasi didasarkan pada :
- Kegiatan bisnis yang semakin kompleks
- Kemampuan komputer yang semakin meningkat.

Manajemen Informasi
Manajemen Informasi sebagai sumber mempunyai pola yang sama, dimana tugas manajer pada
Manajemen Informasi adalah sebagai berikut :
- Bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memproses menjadi informasi yang dapat digunakan.
- Menentukan orang – orang dalam perusahaan supaya dapat menerima informasi dengan bentuk yang tepat, pada saat yang tepat pula sehingga informasi dapat digunakan untuk mendukung proses manajemen.
- Membuang informasi yang kuno, tidak lengkap dan salah serta mengganti dengan informasi yang dapat digunakan Kepentingan Manajemen Informasi.

Kebutuhan akan manajemen informasi disebabkan oleh :
1. Meningkatnya kompleksitas tugas manajemen
Hal ini disebabkan oleh karena :
a) Pengaruh ekonomi internasional,
Semua perusahaan tidak dapat lepas dari pengaruh sistem perekonomian dunia saat ini.
Misalnya fluktuasi nilai tukar mata uang yang berubah dengan cepat
b) Perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat
Kemampuan seorang mengirim informasi dalam hitungan detik melalui satelit, modem, fax, dsb. Peran manusia yang sudah mudah berkurang akibat modernisasi pabrik dengan penggunaan robot.
c) Semakin sempitnya kerangka waktu bagi para manajer untuk mengambil keputusan
Kemampuan manajer dalam mengambil keputusan dalam waktu yang sempit dan ketat sangat dibutuhkan akibat persaingan dunia usaha yang juga semakin ketat.
2. Keinginan untuk menggunakan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik.
Karena tugas manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitas dalam pemecahan masalah dengan menggunakan teknik kwantitatif dan peralatan elektronik.

Lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajer adalah :
1. Manusia
2. Material
3. Mesin termasuk fasilitas dan energi
4. Keuangan
5. Informasi termasuk data

Peranan manajer menurut Mintzberg adalah :
1. Peran antar pribadi (Interpersonal roles)
- Pemimpin (Leader) yang mampu menyediakan motivasi.
- Berpenampilan tinggi (Figure head), Melaksanakan tugas seremonial.
- Mampu berhubungan dengan orang lain (Laison), menjalin hubungan dengan orang yang berada diluar unit.
2. Peran informasional (Informational roles)
- Pemonitor (Monitor), Mencari informasi dan mengamati aktivitas yang ada.
- Menyampaikan informasi (Disseminator).
- Juru bicara (Spokesperson).
3. Peran pengambil keputusan (Decesition maker roles)
- Wiraswasta (Enterpreneur) membuat perbaikan.
- Menangani gangguan (Disturbance Handler) dengan bereaksi terhadap kejadian yang tidak diduga.
- Pembagi sumber (Resource allocator).
- Tawar – menawar (Negotiator).
Kesimpulan :
Bila sesuatu perusahaan yang Manajemen Informasinya tidak baik, maka perusahaan tersebut akan bangkrut atau mengalami kerugian.
Jadi peranan Manajemen Informasi sangatlah besar bagi perusahaan.


Sumber : http://defri-z.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

DEFRI ZULKIFLI © 2013 Design by D'Free | Sponsored by Anime