Java 2 Micro Edition (J2ME)

Pengertian Java 2 Micro Edition (J2ME)
J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. J2ME membawa java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat computer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat computer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistants (PDAs) dan sejenisnya. Dalam J2ME telah didefinisikan dua buah konfigurasi yaitu CLDC (Connected Limited Device Configuration) untuk perangkat kecil dan CDC (Connected Device Configuration) untuk perangkat yang lebih besar.

Perangkat Java 2 Micro Edition (J2ME)
1.      Connected Limited Device Configuration (CLDC)
CLDC adalah perangkat dasar J2ME, spesifikasi dasar yang berupa library dan API yang diimplementasikan pada J2ME, seperti yang digunakan pada telepon selular, pager, dan PDA. Spesifikasi CLDC pada J2ME adalah spesifikasi minimal dari package, class, dan sebagian fungsi Java Virtual Machine yang dikurangi agar dapat diimplementasikan dengan keterbatasan daya pada alat-alat tersebut.

2.      Connected Device Configuration (CDC)
CDC merupakan spesifikasi dari konfigurasi J2ME. CDC merupakan komunitas proses pada java yang memiliki standardisasi. CDC terdiri dari virtual machine dan kumpulan library dasar untuk dipergunakan pada profile industri.

3.      Mobile Information Device Profile (MIDP)
MIDP adalah spesifikasi untuk sebuah profil J2ME. MIDP memiliki lapisan diatas CLDC, API tambahan untuk daur hidup aplikasi, antarmuka, jaringan, dan penyimpanan per sistem. Spesifikasi MIDP menggambarkan suatu perangkat MID yang memiliki karakteristik-karakteristik dengan batas minimum, adapun karakteristiknya adalah sebagai berikut :
a.       Tampilan :
·         Ukuran Layar 96 x 54.
·         Kedalaman tampilan 1-bit.
·         Ketajaman pixel sekitar 1:1.

b.      Masukkan :
·         256 kilobytes of non-volatile memory untuk implementasi MIDP.
·         8 kilobytes of non-volatile memory for application-created persistent data.
·         128 kilobytes of volatile memory for the Java runtime.

c.       Jaringan :
Dua jalur yaitu, Wireless dan Bandwidth terbatas.

d.      Sound :
Kemampuan untuk memainkan nada-nada MIDP menggambarkan model aplikasi, UI API, penyimpanan dan jaringan yang kuat, permainan dan media API, kebijakan keamanan, penyebaran aplikasi, dan ketetapan over the air.

4.      Kilobyte Virtual Machine (KVM)
KVM adalah paket JVM yang didesain untuk perangkat yang kecil. KVM mendukung fitur-fitur JVM, seperti misalnya KVM tidak mendukung operasi floating-point dan finalisasi object. KVM diimplementasikan dengan menggunakan C sehingga sangat mudah beradaptasi pada tipe platform yang berbeda.

5.      C-Virtual Machine (CVM)
CVM adalah paket JVM optimal yang digunakan pada CDC. CVM mempunyai seluruh fitur dan virtual machine yang didesain untuk perangkat yang memerlukan fitur-fitur Java 2 virtual machine.

6.      Midlet
Midlet adalah aplikasi yang ditulis untuk MDIP. Aplikasi MIDlet adalah bagian dari kelas javax.microedition.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. MIDlet berupa sebuah kelas abstrak yang merupakan subkelas dari bentuk dasar aplikasi sehingga antarmuka antara aplikasi J2ME dan aplikasi manajemen pada perangkat dapat terbentuk.

7.      Java Application Descriptor (JAD)
JAD digunakan untuk mendeskripsikan isi aplikasi keperluan pemetaan. File JAD berisi deskripsi file JAR (Java Archive) dan pemetaan atribut MIDlet, sedangkan file JAR berisi kumpulan kelas resource.

Gambar : Siklus hidup (Life Cicle) MIDlet

8.      J2ME Wireless Toolkit
J2ME Wireless Toolkit dapat di-download di http://java.sun.com//j2me secara gratis. J2ME Wireless Toolkit adalah kelas yang menyediakan lingkungan emulator, dokumentasi beserta contoh-contoh aplikasi java untuk perangkat kecil (small device). J2ME Wireless Toolkit berbasiskan pada CLDC dan MIDP. J2ME WTK adalah program yang meniru kerja telepon selular yang mendukung MIDP atau yang biasa disebut emulator. Oleh karena itu, belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada telepon selular yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dan kapasistas telepon selular yang digunakan.

Sumber : http://defri-z.blogspot.com/


0 komentar:

Posting Komentar

 

DEFRI ZULKIFLI © 2013 Design by D'Free | Sponsored by Anime