1. Pengertian Cinta Kasih (Manusia dan Cinta Kasih)

a)      Definisi Cinta Kasih
    Cinta adalah perasaan (rasa) suka terhadap makhluk hidup (manusia), sedangkan kasih adalah perasaan kasih atau belas kasih terhadap makhluk hidup (manusia). Jadi cinta kasih dapat diartikan suatu perasaan manusia yang berdasar pada ketertarikan antar makhluk hidup (manusia) dengan didasari pula rasa belas kasih.

b)     Sebutkan 3 Unsur Cinta Kasih
        Menurut Dr. Sarwito W. Sarwono cinta kasih memiliki 3 unsur, yaitu :
-          Keterikatan;
-          Keintiman; dan
-          Kemesraan.

c)      3 Unsur Dalam Segitiga Cinta


     Pertama adalah intimasi. Intimasi adalah aspek emosi dari cinta. Intimasi pada awal hubungan tumbuh dengan baik, tapi kalau tidak dirawat bisa menurun ke titik nol. Bila relasi dan komunikasi tidak bertumbuh dengan baik intimasi menjadi mati.

     Kedua adalah passion atau gairah. Ini adalah sisi motivasi dari segitiga cinta itu. Sisi gairah ini punya peranan penting bagi perkembangan fisiologis dan keinginan yang kuat untuk bersatu dengan yang dicintai. Pada mulanya passion bertumbuh cepat dan sangat kuat, sampai tidak lama kemudian passion ini jadi kebiasaan. Passion punya segi motivasi yang berkekuatan positif. Inilah yang memikat anda kepada seseorang. Ini cepat berkembang dan bisa juga cepat mati. Sisi negatifnya adalah jika hubungan sudah saling menyakitkan maka daya tarik tadi lama kelamaan memudar.

      Ketiga adalah sisi komitmen. Ini merupakan sisi kognitif dari cinta. Komitmen adalah tekad untuk memelihara cinta. Komitmen ini bertumbuh mulai dari taraf nol saat pertama kali bertemu dengan yang dicintai, dan bertumbuh ketika semakin saling mengenal satu dengan lainnya. Kuncinya saling mengenal dan menghargai. Bila relasi melemah maka komitmen juga cenderung melemah.

d)     Tingkatan Cinta
              Seorang ulama, Abdullah Nasih Ulwan membagi cinta menjadi tiga :
-          Mahabbah Ula (Cinta yang Utama)
        Ini adalah cinta kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW.
-          Mahabbah Al Wustho’ (Cinta yang Menengah)
   Ini adalah cinta kepada Ibu, Bapak, Istri, Anak-anak, Perniagaan, Harta, dan sejenisnya didunia. Dan semua cinta  ini karena kita cinta kepada Allah SWT.
-          Mahabbah Al Adna (Cinta Rendahan)
Ini adalah Mahabbah Al Wustho yang menggeser Mahabbah Ula.



0 komentar:

Posting Komentar

 

DEFRI ZULKIFLI © 2013 Design by D'Free | Sponsored by Anime